Musyawarah Nasional ke II Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Gizi Indonesia (AIPVOGI) dengan tema Profesionalisme Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Gizi dalam Pemenuhan Tenaga Vokasi Gizi yang Profesional diselenggarakan di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang pada Minggu sd Selasa, 22 sd 24 November 2020. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung secara daring menggunakan platform zoom dan luring di ruang Auditorium.

Sebanyak 22 institusi bergabung secara virtual dan 12 instusi pendidikan vokasi gizi bergabung secara langsung. Institusi pendidikan tersebut adalah Poltekkes Kemenkes Palembang, Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Poltekkes Kemenkes Malang, Poltekkes Kemenkes Denpasar, Poltekkes Kemenkes Pontianak, Poltekkes Kemenkes Palangkaraya, Poltekkes Kemenkes Makasar, dan Poltekkes Kemenkes Sorong.

Munas diawali dengan laporan kegiatan penyelenggaraan oleh Ketua Panitia OC yaitu Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.ScPH. Selanjutnya, pertanggungjawaban Pengurus AIPVOGI Periode 2016-2020 oleh Ketua AIPVOGI, Bapak Mohammad Rachmat, SKM, M.Kes. Beliau menceritakan sejarah pembentukan AIPVOGI dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Dalam kesempatan tersebut pula, beliau memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerhati pendidikan vokasi gizi yaitu Antonius Sri Hartono, MPS atas jasanya dalam pembuatan logo AIPVOGI, Abdillah Mursyid, SKM, MS (alm), atas jasanya dalam pemrakarsa AIPVOGI dan drg Usman Sumantri, M.Sc atas jasanya dalam melantik Ketua Umum AIPVOGI. Para pejuang-pejuang tersebut juga ikut bergabung secara daring dan menerima penghargaan secara simbolis. Acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Direktur Jendral Pendidikan Vokasi yang diwakilii oleh Bapak DR. Beny Bandanadjaja, ST, MT (Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi) yang akan menyampaikan materi Pengembangan Pendidikan Tinggi Vokasi Gizi dalam Rangka Pemenuhan Tenaga Vokasi Gizi. Penyampaian materi dipandu oleh Bapak Mohammat Rachmat, SKM, M.Kes.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan Munas secara resmi. Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Bapak Tapriadi, SPd, M.Kes. Ibu Wiwik Wijaningsih, STP, M.Si selaku Ketua SPI mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang dalam memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta yang hadir langsung di Poltekkes Kemenkes Semarang. Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan, DR dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS menyampaikan materi sekaligus membuka cara secara resmi. Materi yang beliau sampaikan adalah Kebutuhan dan Strategi Pemenuhan Tenga Vokasi  Gizi sebagai Tenaga Strategis untuk Mendukung Indikator Kerja Badan PPSDMK.

Kegiatan Munas hari kedua diawali dengan materi panel oleh Ketua Umum DPP Persagi dan Ketua Umum AIPGI. Ketua Umum DPP Persagi, Bapak DR Entos Zainal, SP, MPHM menyampaikan Pengembanagn Tenaga Vokasi dan Continued Professional Development dan Isu strategis dalam lingkup Persagi. Ketua Umum AIPGI, Prof Ir Hardinsyah, MS menyampaikan materi Sinergitas Pendidikan AKademik, Vokasi dan Profesi dalam menghasilkan Tenaga Gizi yang berkualitas. Acara dipandu oleh DR Agus Wijanarka, SST, M.Kes.

Acara inti munas diawali dengan agenda tinjauan AD/ART, Program Kerja Prioritas dan Pemilihan Ketua Umum. Tinjauan AD/ART dilakukan secara brain storming dan diskusi dengan semua peserta dipandu oleh Bapak Nur Hidayat, SKM, M.Kes Pemilihan Ketua Umum AIPVOGI periode 2020-2024 dilakukan menggunakan Sistem Formatur, terpilih Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes dipilih 33 peserta mengalahkan DR Judiono, MPS, Tapriadi, S.Pd, M.Kes, dan Mohammad Rachmat. Program kerja Prioritas AIPVOGI periode tahun 2020-2024 adalah Pengelolaan UKOM, Instrumentasi kurikulum, Penjaminan mutu (pendampingan akreditasi), Pengembangan IT, Penelitian pengabmas terapan lintas PT atau lintas wilayah dan Kerjasama dan hubungan luar negeri meliputi kemitraan dengan stakeholder.

Hari terakhir munas adalah ramat tamah dan brain storming pengembangan pendidikan vokasi gizi dan pendidikan profesi. Dalam kesemapatan ini Poltekkes Kemenkes Semarang dan Yogyakarta melakukan sharing kegiatan pendidikan profesi Dietisien dan sharing asesmen lapangan daring pendidikan profesi Dietisien. Kegiatan sharing ini dilakukan oleh Ibu Susi Tursiloeati, SKM, MScPH, Bapak Mohammad Jaelani, DCN, M.Kes dan Bapak Tri Kusuma Agung Puruhita, S.Gz, M.Sc (Poltekkes Kemenkes Semarang) dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Ibu Setyowati, SKM, M.Kes dan DR Agus Wijanarko, SKM, M.Kes. Acara ditutup dengan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia OC, Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.ScPH yang bertepatan dengan bertambah usia beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *