Berdasarkan perintah pada Undang-Undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan pada Pasal 21 dijelaskan bahwa mahasiswa bidang Kesehatan pada akhir masa pendidikan vokasi dan profesi harus mengikuti uji kompetensi (ukom) secara nasional. Pada pasal 44 dijelaskan bahwa setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktik  wajib  memiliki  Surat  Tanda Registrasi  (STR).  Salah  satu  persyaratan  untuk memperoleh STR adalah calon tenaga kesehatan harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diperoleh melalui uji kompetensi. Undang-Undang tersebut menjelaskan bahwa tenaga Kesehatan dibagi menjadi 13 tenaga, tenaga gizi termasuk di dalamnya. Tenaga Gizi terdiri atas Nutrisionis dan Dietisien.

Di dalam keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/342/2020 tentang Standar Profesi Nutrisionis dijelaskan bahwa nutrisionis adalah seorang yang mempunyai pendidikan di bidang gizi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan (lulusan Diploma III Gizi, Sarjana Terapan Gizi, Sarjana Gizi, Magister Gizi dan Doktoral Gizi). Artinya, lulusan vokasi Gizi (Diploma III dan Sarjana Terapan) merupakan ahli gizi nutrisionis sebagai tenaga Kesehatan yang di akhir pendidikannya harus mengikuti uji kompetensi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan dijelaskan bahwa Uji Kompetensi merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa bidang Kesehatan dari Perguruan Tinggi. Untuk program vokasi kelulusan ditentukan 60% dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan 40% dari hasil Ukom. Untuk itu, pengelola Pendidikan Tinggi Vokasi Gizi perlu menyiapkan pelaksanaan exit exam ukom pada 2021. Sehingga, mahasiswa tingkat akhir Prodi Diploma III Gizi dan Sarjana Terapan Gizi yang lulus tahun 2021 dapat melalui dan lulus pada ukom exit exam tersebut.

Berdasarkan evaluasi hasil Ukom periode Oktober 2020, hasil Ukom lulusan Diploma III dan Sarjana Terapan Gizi sangat perlu ditingkatkan, termasuk dengan sebaran persen kelulusan yang sangat beragam antar program studi. Terlebih dalam menghadapi Ukom exit exam pada tahun 2021. Sehingga, AIPVOGI bersama dengan DPP Persagi perlu mengadakan workshop penyegaran dalam penyusunan dan review soal Ukom berbasis vignette. Kegiatan ini diharapkan para pengelola pendidikan tinggi vokasi Gizi dapat menyiapkan lebih dini dan intensif serta mendorong seluruh civitas akademika dalam menghadapi Ukom exit exam mulai 2021.

Kegiatan ini bertujuan agar Pengelola  pendidikan  tinggi  vokasi  gizi  mendapatkan  update  informasi  terkait dengan kebijakan dan kesiapan dalam menghadapi uji kompetensi (Ukom) tenaga ahli gizi exit exam yang mulai diberlakukan tahun 2021. Peserta juga diharapkan memperoleh update sistem informasi dan kebijakan dari panitia Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan Kemendikbud dan Organisasi Profesi DPP Persagi terkait kesiapan Ukom exit exam.  Selain itu, peserta diharapkan dapat memperoleh  penyegaran terkait dengan penyusunan dan review soal Ukom berbasis vignette – multiple choice question (MCQ) dari pakar/ narasumber.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan secara daring (online) pada : Hari/ Tanggal : Sabtu/ 16 Januari 2021, Pukul 08.00-13.00 WIB, melalui Zoom cloud meeting.

Peserta yang mengikuti kegiatan workshop Penyegaran dalam Penyusunan & Review Soal Uji Kompetensi Vokasi Gizi Berbasis Vignette adalah seluruh dosen anggota dan/ atau pengurus AIPVOGI 2020-2024.

Syarat peserta yang dapat mengikuti workshop ini adalah : Peserta adalah dosen calon item bank administrator (IBA), penyusun soal dan/atau reviewer soal perwakilan masing-masing Prodi/ institusi anggota AIPVOGI. Peserta IBA Prodi/ institusi pada saat pendaftaran mohon dilengkapi dengan Surat Tugas sebagai IBA Prodi/ institusi dari institusinya masing-masing. Peserta Dosen, diharapkan berkontribusi minimal 25 soal yang berkatagori BAIK,  yang disampaikan kepada IBA Prodi / Institusi, dan akan diMonEv  oleh Koordinator   Wilayah   AIPVOGI   dan   Bidang   Pengembangan   Uji   Kompetensi AIPVOGI. Peserta   diharapkan   menyertakan   Surat   Tugas   dari   Pimpinan   Instirusi   dan mendaftar melalui alamat link yang telah ditetapkan (akan disampakan di Surat Edaran Kegiatan)

2 thoughts on “AIPVOGI Akan Menyelenggarakan Workshop Penyusunan dan Review Soal Uji Kompetensi Vokasi Gizi”
  1. Yth. Pengurus AIPVOGI
    Mohon maaf mau bertanya? Peserta worshop dari masing-masing prodi tidak dibatasi ya pak? klu saya tdk salah adalah semua dosen bisa ikut yang penting kontribusi soal masing2 25. dan yang ikut item dev linknya beda ya?
    Mohon pencerahannya Sekian dan Terima Kasih
    Hormat saya
    Putu Candriasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *